Langsung ke konten utama

Berbicara dengan Remaja


Pertukaran pikiran, gagasan, dan pengamatan dengan anak remaja membuka pintu ke banyak perubahan yang ia alami. Hal ini dapat meyakinkan orangtua bahwa Anda melakukan pekerjaan dengan baik sebagai orang tua; atau, di lain waktu, sebuah percakapan mungkin akan memberi tahu Anda tentang situasi yang harus diperhatikan. 

Hasil gambar untuk adolescentSaat berbicara dengan remaja Anda, pertimbangkan hal-hal berikut ini:
  • Hindari mengajar. Secara umum, remaja tidak suka mendengar bagaimana hal-hal biasa atau bagaimana seharusnya Anda berpikir — dan mungkin menyela Anda.
  • Jangan bertindak seolah-olah Anda memiliki semua jawaban. Mintalah anak Anda mengemukakan ide-idenya tentang bagaimana menangani situasi. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai pemikiran dan pendapat remaja.
  • Jangan cepat menghakimi pendapat anak. Biarkan anak berbicara tanpa gangguan sampai dia sampai ke intinya. Mungkin diperlukan waktu beberapa menit bagi anak Anda untuk menyatakan apa yang benar-benar ada dalam benaknya. 
Hasil gambar untuk adolescent parents talk
  • Tunjukkan rasa menghargai terhadap sudut pandang anak, bahkan jika Anda tidak setuju dengannya.
  • Kembangkan minat bersama dengan anak Anda seperti olahraga atau film favorit. Menikmati minat dan hobi yang sama memberikan sumber yang kaya untuk membuat percakapan di masa depan.
  • Anak Anda harus mengetahui jadwal Anda dan bagaimana menghubungi Anda setiap saat. Meskipun remaja dapat bertindak seolah-olah mereka tidak peduli, itu mungkin membuat mereka khawatir tidak mengetahui keberadaan Anda dan bagaimana menghubungi


Komentar